Manfaat Iklan Baris Gratis Dalam Meningkatkan Kunjungan Web

Kamis, 04 Juli 2013
Salah satu situs bisnis yang terbilang unggul dalam posisi page rank untuk kata kunci bisnis di Google.com yaitu bisnisukm.com mengakui bahwa iklan baris yang terindeks oleh search engine merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan traffic (kunjungan) ke website. Membuat web iklan baris sebagai pintu masuk traffic kunjungan ke website utama. Diakui oleh bisnisukm.com biasanya web iklan baris sangat responsif terhadap mesin pencari, sehingga memasang iklan di web iklan baris bisa meningkatkan rangking web bisnis utama mereka.

Mungkin itu pula sebabnya bisnisukm.com menyediakan iklan baris gratis di situsnya karena bisa menjadi pintu masuk trafik atau kunjungan yang melimpah ke website utama mereka. Hal ini semakin menguatkan keyakinan saya bahwa menyediakan fasilitas iklan baris gratis di web atau blog kita sama sekali tidak merugikan kita selaku pemilik blog atau web, malah menguntungkan karena justru mendatangkan limpahan kunjungan tak terduga dari sisi search engine. Memang secara materi selaku pemilik web yang menyediakan fasilitas iklan baris gratis tidak menerima uang sepeserpun dari pengunjung yang memasang iklan baris di blognya. Tetapi untuk jangka panjang fasiltas iklan baris justru menguntungkan pemilik blog atau web. Hal ini sebagaimana yang saya alami sendiri misalnya dengan salah satu situs portal media info peluang bisnis yang saya kelola sejak tahun 2005, KompasBisnis.Com, situs blog bisnis saya tersebut sudah sejak lama menyediakan fasilitas iklan baris gratis di dalamnya. Kalau mau dirinci keuntungan saya menyediakan iklan baris gratis, khususnya di situs milik saya tersebut dan pada umumnya mungkin juga dialami oleh situs-situs bisnis milik orang lain yang menyediakan fasilitas serupa, adalah sebagai berikut:

Pertama, blog atau web saya akan terlihat selalu update di mata search engine setiap kali ada orang yang memasang iklan baris baru di web saya. Karena setiap ada pemasangan iklan baris baru berarti ada konten baru di web saya. Sekalipun saya tidak setiap hari mengisi artikel/posting baru di konten utama web, tapi robot search engine yang rutin mendatangi web saya akan selalu menemukan konten baru iklan baris karena banyaknya orang yang memasang iklan baris baru di web saya tersebut.

Kedua, saya tidak perlu terlalu capek untuk membuat web saya terlihat update di mata search engine, justru orang-orang lain yang memasang iklan di web saya lah yang membuat web saya kelihatan update.

Ketiga, para pemasang iklan baris di blog atau web saya datang dari berbagai latar belakang bisnis dan produk yang berbeda-beda, dan ini berarti iklan yang akan mereka pasang juga mengandung kata kunci yang berbeda-beda pula. Hal ini jelas akan memperkaya kata kunci yang dikandung oleh blog saya, kata-kata kunci tersebut akan terindeks oleh search engine Google, dan pada gilirannya akan mendatangkan pengunjung ke blog saya dari search engine (khususnya Google) dari berbagai kata kunci pencarian yang berbeda-beda pula. Sementara dari sisi modifikasi script web, dari setiap iklan baris pengunjung saya bisa "mengundang" mereka ke konten website utama saya atau ke iklan web lainnya milik saya sendiri.

Keempat, pengunjung yang datang dari berbagai kata kunci dari search engine tersebut di atas menciptakan limpahan kunjungan ke web saya tanpa saya harus mengeluarkan biaya promosi sedikitpun (alias promosi gratis). Saya sudah sering menghasilkan uang dari blog atau web saya dengan promosi gratis semacam ini berkat script blog atau web modifikasi saya sendiri ini (yang menyediakan fitur iklan baris gratis bagi pebisnis online lain). Sebenarnya ini merupakan win-win solution baik bagi pebisnis online lain yang memasang iklan di blog saya, maupun bagi saya selaku pemilik web atau blog itu sendiri. Bagi pebisnis online lain, mereka mendapatkan ruang gratis untuk mempromosikan bisnis atau produk mereka di blog saya, mereka mendapatkan backlink permanen ke web mereka dan iklan baris mereka pun terindeks oleh search engine Google. Sedangkan bagi saya selaku pemilik web atau blog semakin banyaknya iklan baris yang dipasang di blog atau web saya ya keuntungannya seperti yang telah saya paparkan di atas tadi. Sementara secara finansial, saya mendapatkan penghasilan tak terduga dari iklan-iklan afiliasi atau produk yang saya pasang di blog milik saya sendiri tanpa saya mengeluarkan biaya promosi sepeserpun, kecuali biaya akses internet tentunya :)

Jadi jelasnya memberikan fasilitas iklan baris gratis di web atau blog bagi pengunjung atau pebisnis online lainnya tidaklah merugikan pemilik web malah justru menguntungkan pemilik web untuk jangka panjang. Asalkan script blog atau web dengan tambahan fitur iklan baris tersebut didesain dan dimodifikasi dengan baik agar blog atau web tetap tampil elegan, maka pemilik blog akan memperoleh keuntungan tak ternilai. Keberadaan iklan baris gratis jangan sampai merusak tampilan blog secara keseluruhan, juga tidak merusak optimalisasi search engine (SEO) halaman website utama.

0 komentar:

Posting Komentar